Advertisement

~from data to wisdom~

Crypto Trading Guide

Crypto Trading Guide

Bitcoin sebagai ‘Mata Uang Kebebasan’ (Robert Kennedy Jr. ) Kebebasan transaksi setidaknya sama pentingnya dengan kebebasan berekspresi. Kennedy tampaknya menjadi kesayangan politik komunitas Bitcoin dan bahkan memberikan pidato utama pada konferensi Bitcoin 2023.

1971 merupakan tahun yang bersejarah di mana Amerika Serikat, di bawah kepemimpinan Presiden Richard Nixon, menggemparkan dunia dengan meninggalkan sistem moneter internasional yang ia tetapkan sendiri, fenomena ini kemudian disebut sebagai “The Nixon Shock” dan menandakan berakhirnya sebuah sistem yang bernama Bretton Woods.

Pada Juli 1944, sebanyak 44 negara mengirimkan delegasinya untuk bertemu di Bretton Woods, New Hampshire, Amerika Serikat. Konferensi ini diadakan untuk mencegah devaluasi mata uang yang kompetitif, membantu pertumbuhan ekonomi dunia, serta menetapkan sistem moneter internasional yang baru, efisien, dan dapat diterima banyak negara. 

Sistem ini kemudian melahirkan 2 institusi internasional baru yaitu, The International Monetary Fund (IMF) dan The International Bank for Reconstruction and Development (IBRD) yang sekarang menjadi bagian dari World Bank. IMF dibentuk untuk membantu negara-negara yang mengalami masalah dengan neraca pembayaran jangka pendek seperti impor, sedangkan IBRD atau World Bank diperuntukkan untuk membantu Pembangunan negara dan pendanaan program-program tertentu yang bersifat jangka panjang. (Sumber).

Mata uang adalah konsensus, sebuah konsensus bisa dibuat bersama oleh orang-orang yang setara dan sederajat, atau diupayakan bahkan dipaksankan oleh entitas yang berkuasa kepada yang tidak berkuasa. Crypto hadir sebagai sebauh konsensus baru