Case Method dan Project Based Learning

Case Method dan Project Based Learning
Case method adalah suatu teknik pengajaran yang melibatkan pemecahan masalah di dalam sebuah situasi yang menyerupai kasus nyata (case). Dalam pembelajaran dengan metode ini, peserta didik diberikan sebuah kasus nyata yang mengandung sebuah masalah atau tantangan, dan diharapkan untuk mengambil keputusan atau menyelesaikan masalah berdasarkan data dan informasi yang tersedia. Metode ini juga membantu peserta didik memperoleh pemahaman dari kasus melalui pemikiran kritis, kolaborasi, dan komunikasi.
Werdiningsih et. al (2021) dalam buku pembelajaran aktif dengan case method bahwa Case Method atau yang di kenal dengan metode kasus adalah pendekatan pembelajaran partisipatif yang menggunakan percakapan atau diskusi untuk memecahkan masalah. Penggunaan strategi ini akan mempertajam dan memperkuat kemampuan berpikir kritis, pemecahan masalah, komunikasi, Kerja tim dan kreativitas.

Dalam (Kemendikbud, 2020) ada beberapa kriteria pembelajaran case method di antaranya: 
1. Peserta didik berperan sebagai “protagonis” (pemeran utama) yang berusaha untuk memecahkan kasus 2. Peserta didik melakukan analisis terhadap kasus untuk memberi solusi, rekomendasi solusi dengan diskusi kelompok untuk menguji dan mengembangkan rancangan solusi 
3. Peserta didik berdiskusi secara aktif, 
4. Guru berperan sebagai fasilitator yang bertugas mengobservasi, memberi pertanyaan, dan mengarahkan diskusi.

Berikut bahan bacaan Case Method dan Project Based Learning yang dapat dijadikan referensi.

Pemaparan TIM UNM

Diskusi Case Method/PjBL

Contoh penerapan di Perkuliahan

Contoh Modul Dengan Case Method