Advertisement

~from data to wisdom~

MENGAPA KEWIRAUSAHAAN PENTING?

Kewirausahaan (1)

MENGAPA KEWIRAUSAHAAN PENTING?

Misi Kewirausahaan menjadi Misi Univeritas Negeri Makassar yang berarti semangat kewirausahaan sebaiknya mewarnai setiap aktifitas di kampus. 

  • Benarkah demikian? 
  • Mengapa kewirausahaan penting?
  • Apa dan bagaimana agar dapat menyerap energi semangat berwirausaha?
Tidak ada praktik tanpa teori (konsep), teori tidak bisa berkembang tanpa praktik yang direfleksikan.

Demikian pula halnya dalam kewirausahaan. Ilmu adalah menyatunya prkatik dan teori, sehingga apabila hanya memiliki salah staunya belum sempurna keilmuannya.

DATA DAN KONSEP

Berdasarkan sensus ekonomi Badan Pusat Statistik (BPS), baseline 2019 jumlah rasio wirausaha mencapai 3,3 persen setara 8,2 juta. Artinya, dengan target 3,95 persen di 2024, maka diperlukan 1,5 juta penduduk yang usahanya menetap hingga 2024. Penumbuhan 1,5 juta wirausaha baru, tentunya efektif dalam kurun waktu tiga tahun atau mulai dari 2022 hingga 2024, sehingga rata-rata target per tahunnya 500 ribu wirausaha baru.

Pada Senin, 23 Mei 2022. Rasio kewirausahaan di Indonesia saat ini masih sangat rendah, yaitu 3,47% dari total penduduk Indonesia.

Agar wirausaha dapat tumbuh pemahaman tentang kewirausahaan penting dimassifkan.

Berikut beberapa Pengertian Kewirausahaan

  • Entrepreuner (Bahasa Perancis) yang diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris dengan arti "between taker atau go between" atau perantara, dikenal dengan istilah wirausaha di Indonesia Wirausaha (entrepreneur) terdiri dari kata Wira dan Usaha. 
  • Dalam Kamus Bahasa Indonesia (KBI, 2008), wira berarti utama, gagah, luhur, berani, teladan, pejuang, sedangkan usaha diartikan sebagai kegiatan yang bersifat komersial maupun non komersial
  • PETER Drucker (1996) Entrepreuner adalah “kemampuan untuk menciptakan sesuatu yang baru dan berbeda”. 
  • Zimmerer dan Scarborough (1996), kewirausahaan adalah penerapan kreativitas dan inovasi untuk memecahkan permasalahan dan upaya memanfaatkan peluang-peluang yang dihadapi orang setiap hari.
  • dan lain-lain
Entrepreneurship is the process of creating something different with value by devoting the necessary time and effort, summing the accompanying reward of monetary and personal satisfaction and independence”. 

Artinya, kewirausahaan adalah proses menciptakan sesuatu yang baru dengan menggunakan waktu, kegiatan, modal, risiko, dan menerima balas jasa dan kepuasan, serta kebebasan pribadi.


Nampak dalam berwirausaha menyerupai ilmuan, penemu yang harus memiliki sumber daya dan tujuan yang ingin dicapai.

























Setiap perubahan, baik itu perubahan dalam situasi politik, ekonomi, sosial ataupun perubahan lingkungan dan teknologi, biasanya juga diikuti oleh peluang-peluang dalam bisnis. Skinner (2015)

SIMULASI (IDENTIFIKASI)

Menurut Glazov (2007) setiap orang adalah campuran dari empat warna, yakni kuning, biru, hijau, dan oranye.

Brain Color adalah tes yang diciptakan oleh Sheila N. Glazov pada tahun 2007. Tes ini didasarkan pada teori Carl Gustav Jung mengenai empat fungsi kepribadian, yaitu: 
  • Sumber Energi (Extraversion atau Intraversion), 
  • Proses Informasi (Sensing atau Intuition), 
  • Pengambilan Keputusan (Thinking atau Feeling), dan 
  • Menjalankan Kehidupan (Judgment atau Perceiving). 
Tes ini dapat membantu untuk memahami persamaan dan perbedaan antara diri sendiri dengan orang lain dalam berpikir dan cara bertindak.


TOPIK KEWIRAUSAHAAN

  1. Pengantar Kewirausahaan Perubahan Mindset;  
  2. ide dan peluang bisnis &  inovasi dan Aspeknya. 
  3. Strategi inovasi Barang dan Jasa Start UP Business
  4. Identifikasi Peluang dan Risiko Bisnis 
  5. Bisnis Canvass  Model  (Studi kasus) 
  6. Studi kasus Millenial Cerdas Financial 
  7. Prinsip dan karakteristik Enterpreneurship Jejak Enterpreneur  (Studi kasus) 
  8. Ide dan motivasi pelaku UKM Projeck (Studi kasus) 
Semangat Belajar, enjoy, dan Merdekalah ! Temukan dirimu disini

1. Mindset dan Etika
2. Topik 2  : Peluang Bisnis
Topik 3 Kreativitas dan Inovasi

Topik 4 Riset Pasar

Topik 5 Rencana dan Pengembangan Bisnis
Topik 6 Standarisasi dan Legalitas Usaha