Kenapa Investasi LN ?
Alasan Domestik:
Government Expenditure lebih besar daripada Tax (G > T), artinya kebutuhan domestik lebih besar dari pada pendapatan domestik ; Impor lebih besar daripada ekspor (M > X) ; Investasi lebih besar daripada saving ( I > S).
Alasan Global:
- Ekspansi Capitalism-Neolib
- Teori Neo Klasik, Harod Domar dan Solow-Swan >> Washington Consencus >>Liberalisasi perdagangan (FDI)
Pola awal MNC, tahun 1990an: FDI didominasi di Negara2 maju.
Prosentasi FDI oleh MNC di negara maju masih jauh lebih besar dibanding di NSB. Namun akhir-akhir ini berkembang ke Emerging Marjet dan NSB.Untuk apa ekspansi MNC dilakukan ?Beberapa faktor pendukungnya adalah :1. The pursuit of global profits ( kapitalisme)2. Raw material seekers (- e.g. VOC, FEIC dll)3. Market seekers (- e.g. IBM, Volkswagen dll)4. Cost minimizer5. Jalur evolusi TNC ( meminimumkan resiko ketidakpastian operasional lingkungan asing)Tahap Internasionalisasi - Melakukan ekspor ke pasar internasional
- Mendirikan jaringan penjualan di pasar luar negeri (host country)
- Mendirikan fasilitas produksi di luar negeri
Dengan hadirnya Emerging Market (EMe) (NSB dengan pertumbuhan ekonomi yang cenderung cepat) maka Pola perkembangan MNC sedikit berubah. EMe telah merubah pasar dunia.
Sebelum tahun 2000-an MNC banyak berbasis di G3, kini MNC banyak juga yang berbasis di EMe. Hanya perusahaan Global yang punya Brand Global yang mempu bersaing dan bertahan dengan tetap memanfaatkan 3 komponen dimensi yaitu dimensi Global-dimensi Lokal-dan dimensi belajar.
Apa dan bagaimana dimensi Global-Lokal dan dimensi belajar?
Perusahaan yang berbasis di kawasan emerging markets yang kadang merupakan negara dengan jiwa wirausaha yang tinggi—seperti Korea dan Taiwan—maupun negara-negara seperti China, India, Brasil, Rusia, Turki, Meksiko, Indonesia, Afrika Selatan, dan lainnya. Sebagai contoh adalah perusahaan terkemuka sepeti Lenovo, Tata, dan Embraer.